[Review] Samsung Galaxy S7, Bring Your Entire Activities to The Next Level

Teaser Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge
Sumber : Samsung Galaxy Unpacked 2016 - #TheNextGalaxy

Setelah lama menunggu dengan kabar-kabar yang masih sekadar rumor, akhirnya raksasa produsen smartphone asal Korea Selatan ini memperkenalkan The Next Galaxy yang akan menjadi penerus Galaxy S6 dalam acara Samsung Galaxy Unpacked 2016 yang diadakan bersamaan dengan Mobile World Congress 2016 di Barcelona pada tanggal 22 Februari 2016 yang lalu. Beberapa orang juga sempat terkecoh dan mengira bahwa seri Galaxy terbaru dari Samsung akan diluncurkan pada kisaran awal bulan April karena biasanya Samsung merilis seri-seri Galaxy pendahulunya pada waktu itu.

Sebelum adanya Samsung Galaxy Unpacked 2016, Samsung juga tidak langsung menyebutkan nama seri Galaxy terbaru mereka. Namun, banyak orang telah memprediksi bahwa seri yang akan menjadi penerus Galaxy S6 ini adalah SAMSUNG GALAXY S7 karena Samsung juga sempat menyebutkan bahwa Galaxy terbaru ini akan dilengkapi fitur pendukung Gear VR yang juga dimiliki Galaxy S6. Bahkan orang-orang juga memiliki beberapa ekspektasi dari spesifikasi SAMSUNG GALAXY S7 yang akan datang.  Misalnya seperti Iris Scanner, RAM 6 GB, kamera 30 MP, dan lain-lainnya. Namun, apa spesifikasi yang dibawa SAMSUNG GALAXY S7 ini memang memiliki perbedaan yang signifikan dari Galaxy S6 seperti yang kita harapkan?


Sumber : Samsung Galaxy Unpacked 2016 - #TheNextGalaxy

Samsung Galaxy Unpacked 2016 ini menjadi awal debut SAMSUNG GALAXY S7 di pasaran smartphone dunia. Dalam acara ini Samsung mengenalkan The Next Galaxy ini mulai dari fitur-fiturnya yang tidak dimiliki seri Galaxy sebelumnya, spesifikasinya yang tentunya lebih gahar, dan pembukaan pre-order SAMSUNG GALAXY S7. Samsung Galaxy Unpacked 2016 dibuka oleh presiden Samsung, DJ Koh, lalu dilanjutkan dengan presentasi-presentasi seputar SAMSUNG GALAXY S7 yang semua itu bisa kalian tonton ulang di Samsung Galaxy Unpacked 2016 Live Stream (Official replay).

 
Sumber : Samsung Galaxy Unpacked 2016 - #TheNextGalaxy
 
Uniknya, Samsung memberikan dua pilihan untuk semua orang yang hadir hari itu, yaitu melihat langsung ke layar besar atau melihat melalui Gear VR yang telah disediakan Samsung. Wah, keren banget!

Selain itu, ada juga satu hal yang mengejutkan dalam acara ini yaitu kehadiran salah satu orang besar yang juga menggeluti industri teknologi, Mark Zuckerberg.

 
Sumber : Samsung Galaxy Unpacked 2016 - #TheNextGalaxy 

Ternyata Mark juga ikut meramaikan acara ini dengan mempresentasikan mengenai masa depan dari teknologi Virtual Reality. Dia pun menjelaskan hubungan kerja sama Facebook dengan Samsung dalam mengembangkan teknologi VR yaitu dengan mengombinasikan kekuatan hardware Samsung  dengan software VR terbaik dari Facebook, Oculus. Dia yakin bahwa di masa yang akan datang teknologi ini akan sangat berguna bagi kita semua. Misalnya saja kita tinggal di tempat yang jauh dari orang tua, maka dengan teknologi VR dan Gear 360 kita bisa menghubungi mereka menggunakan SAMSUNG GALAXY S7 yang kompatibel dengan Gear VR dan merasa benar-benar seperti berada di dekat mereka. 

Sumber : Samsung Galaxy Unpacked 2016 - #TheNextGalaxy 

SAMSUNG GALAXY S7 ini juga memiliki dua seri seperti Galaxy S6, yaitu seri S7 dan S7 edge. Mungkin kelihatannya seri S7 dan S7 edge hanya memiliki ukuran layar yang berbeda. Namun, sebenarnya perbedaannya bukan hanya ukuran layarnya saja, melainkan ada beberapa fitur yang tidak dimiliki seri S7 dan hanya dapat ditemui dalam seri S7 edge. 

Apa yang berbeda dari SAMSUNG GALAXY S7 edge | S7?



Itulah jargon SAMSUNG GALAXY S7 yang ingin membuktikan bahwa seri Galaxy terbaru dari Samsung ini dapat memberikan pengalaman yang sebelumnya tidak bisa kita dapatkan dengan sebuah smartphone. Samsung menjamin bahwa dengan SAMSUNG GALAXY S7 ini kita dapat menaklukkan segala ketidakmungkinan dan tantangan yang sebelumnya kita temui dalam menggunakan smartphone.


SAMSUNG GALAXY S7 didesain sedemikian rupa sehingga terasa nyaman dilihat dan digunakan di genggaman tangan. Walaupun The Next Galaxy ini didesain setipis mungkin sehingga mudah digenggam, Samsung juga mendesainnya dengan kombinasi logam campuran dan kaca 3D sehingga terbentuklah tubuh smartphone yang kuat pula. Kalau begini, seharian pun saya tidak akan bosan untuk chatting, bermain game maupun aktivitas lainnya dengan kenyamanan SAMSUNG GALAXY S7 ini. Hehehe :>

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Samsung mendesain smartphone  ini setipis mungkin sehingga tidak merepotkan saat kita gunakan maupun letakkan di saku. Untuk kedua seri SAMSUNG GALAXY S7 ini memiliki ukuran tubuh yang sama, tetapi ukuran layar yang berbeda. Seri S7 memiliki layar berukuran 5,1 inci, sedangkan seri S7 edge memiliki layar berukuran 5,5 inci. Menurut saya pribadi, seri S7 memiliki ukuran layar yang sudah cukup besar bagi kebutuhan sehari-hari saya, tetapi kalau kalian merasa tidak cukup dengan S7 dan ingin memiliki beberapa fitur unik yang tidak ada di seri S7, S7 edge lah pilihannya :)

Spesifikasi yang dibawa oleh seri Galaxy terbaru dari Samsung ini juga dapat dikatakan yang menjadi salah satu hal yang membuat SAMSUNG GALAXY S7 berbeda daripada seri pendahulunya karena banyak komponennya yang mengalami peningkatan kualitas daripada sebelumnya. Prosesor yang digunakan SAMSUNG GALAXY S7 ini tersedia dua pilihan yaitu Exynos 8890, octa-core, dan Snapdragon 820, quad-core. Keduanya memiliki performa yang menggiurkan dan diyakini memberikan performa CPU 30% lebih cepat dari pendahulunya dan GPU 64% lebih cepat dari pendahulunya. Untuk Indonesia, SAMSUNG GALAXY S7 tersedia dengan prosesor Exynos 8890 sehingga cocok untuk kalian yang suka menggunakan aplikasi yang menggunakan banyak core prosesor. Jadi, saya bisa bermain game dengan teman-teman saya tanpa perlu lagi khawatir smartphone menjadi panas :D  

Selain prosesor, SAMSUNG GALAXY S7 juga mengalami kenaikan RAM dari 3 GB menjadi 4 GB. Tentunya prosesor dan RAM yang memiliki performa tinggi itu membuat kita semakin leluasa dalam menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan (multitasking). 

Seri Galaxy terbaru ini juga dilengkapi dengan sistem operasi Android terbaru, yaitu Marshmallow sehingga kompatibel dengan seluruh  aplikasi di Google Play Store saat ini.  
SAMSUNG GALAXY S7 ini juga sudah dilengkapi jaringan 4G LTE sehingga kita bisa menikmati internet super cepat yang juga sudah tersedia di Indonesia. Kalau begini, saya bisa mengikuti tren mobile-game saat ini dan bisa streaming video di Youtube tanpa lag. Hehehe :>

Salah satu spesifikasi lain yang mengalami kenaikan yang signifikan adalah baterai. Seri S7 menyediakan kapasitas baterai 3000 mAh, sedangkan seri S7 edge menyediakan kapasitas baterai 3600 mAh. Dengan begitu, SAMSUNG GALAXY S7 siap menemani kalian sepanjang hari dalam melakukan aktivitas sehari-hari kalian tanpa perlu khawatir mengisi baterai berkali-kali! Tentunya kalian yang suka menghabiskan waktu di depan smartphone entah itu bermain game, menonton film, browsing di internet maupun aktivitas lainnya seperti saya akan lebih puas kalau memilih seri S7 edge yang hadir dengan kapasitas baterai lebih besar :)

Tidak seperti seri Galaxy S6, SAMSUNG GALAXY S7 menghadirkan kembali fitur slot microSD yang dirindukan banyak orang dari Galaxy S6. MicroSD ini dapat diisi dengan kartu memori mencapai 200 GB. Jadi, kalian yang suka mendengarkan lagu, menonton film atau bermain game di smartphone seperti saya tidak perlu lagi bingung akan menyimpannya di mana. Super sekali!

Selain itu, ternyata slot microSD ini berbagi dengan slot SIM dan terdapat dua pilihan mode, yaitu single SIM dengan kombinasi microSD dan nano-SIM dan dual SIM dengan dua nano-SIM. Kita juga tidak perlu mematikan smartphone kita untuk mengganti kartu sehingga memudahkan kita dalam berbagai situasi misal saat kita perlu memindahkan data penting, kita bisa melepas salah satu nano-SIM dan menggantinya dengan microSD kita. Praktis :D

Tampilan SAMSUNG GALAXY S7 ini juga memiliki spesifikasi yang tinggi, yaitu Quad HD Super AMOLED dengan resolusi 1440 x 2560. Selain tampilan yang besar dan jernih itu, seri penerus Galaxy S6 ini dilengkapi dengan teknologi Vulkan API. Dengan begitu, kita bisa merasakan pengalaman bermain game yang lebih realistis dengan grafis yang memuaskan!

SAMSUNG GALAXY S7 juga membawakan fitur baru, yaitu fitur Always On Display. Fitur ini membuat layar smartphone kita tetap menyala walaupun sedang tidak aktif. Pilihan mode tampilan saat fitur ini aktif ada tiga, yaitu jam, kalender, dan gambar yang bisa kita atur. Kalian mungkin berpikir bahwa ini hanya akan menghabiskan baterai, tetapi itu tidak benar karena fitur ini juga akan otomatis mematikan layar kalau smartphone berada di saku, menghadap ke bawah atau pun saat baterai kritis. Benar-benar sebuah smartphone! :D

Seri penerus Galaxy S6 ini juga dilengkapi dengan teknologi Water & Dust Resistance yang telah disertifikasi dengan IP68 sehingga SAMSUNG GALAXY S7 siap menemani kalian ke manapun dan di manapun tanpa khawatir smartphone rusak karena air atau debu. Namun, ada pula batasan dari teknologi ini. Teknologi ini dapat menjaga smartphone kalian tetap aman dengan batasan hanya tenggelam pada kedalaman maksimal 1,5 meter atau selama 30 menit. Dengan begitu, mungkin saya bisa berselfie ria bersama teman-teman saya di dalam kolam renang. Asyik tuh! :D

Walaupun SAMSUNG GALAXY S7 dilengkapi dengan kapasitas baterai yang lebih besar, kita tidak perlu khawatir bahwa kita akan mengisi baterai lebih lama karena seri Galaxy terbaru dari Samsung ini menggunakan teknologi Fast Charging. Tiap seri dari SAMSUNG Galaxy S7 juga memiliki waktu pengisian baterai yang berbeda karena kapasitasnya yang berbeda pula. Seri S7 memerlukan waktu 90 menit untuk pengisian baterai, sedangkan seri S7 edge memerlukan waktu 100 menit. Wah, sekarang mengisi baterai menjadi lebih efisien dengan SAMSUNG GALAXY S7!


SAMSUNG GALAXY S7 juga menghadirkan teknolgi baru pada kamera yang tentunya menghasilkan kualitas gambar. Salah satunya adalah teknologi Dual Pixel yang ditanamkan pada kamera belakang 12 MP. Mungkin kalian sempat berpikir bahwa kualitas gambar dari SAMSUNG GALAXY S7 menurun daripada generasi sebelumnya karena mengalami penurunan pixel kamera. Namun, ternyata itu salah karena mendapatkan kualitas gambar yang bagus tidak selalu membutuhkan penambahan pixel saja. Samsung pun menjadi produsen smartphone pertama yang menanamkan teknologi yang hanya ada pada kamera DSLR ini sehingga tiap pixel kamera akan bekerja layaknya kedua mata kita yang mampu melihat dua objek berbeda dengan fokus yang sama. Itulah yang membuat The Next Galaxy memiliki phase detection autofocus yang lebih besar daripada Galaxy S6 sehingga SAMSUNG GALAXY S7 hanya memerlukan waktu 0,2 detik untuk autofocus! Dengan begitu, saya bisa mengabadikan momen-momen saya tiap waktu dengan cepat tanpa khawatir gambar menjadi blur :D

Selain kamera belakang, SAMSUNG GALAXY S7 juga memiliki kamera depan 5 MP yang saya rasa sudah cukup tinggi apalagi untuk berselfie ria bersama teman-teman atau keluarga :)

Teknologi baru lainnya yang ada pada SAMSUNG GALAXY S7 adalah lensa F1.7. Lensa F1.7 ini terdapat di kamera belakang maupun kamera depan. Lensa ini membuat kamera dapat menerima lebih banyak cahaya sehingga dengan teknologi ini sekarang kita bisa mengambil gambar tiap momen kita dalam kondisi minim cahaya, tetapi tetap mendapatkan kualitas gambar yang baik. Kalau saya memilikinya, saya bisa mengambil gambar sekitar saya seperti alun-alun dan sebagainya di malam hari dengan hasil gambar yang tetap baik dan detail :>

Selain itu, SAMSUNG GALAXY S7 juga dilengkapi dengan 4K Ultra HD Video sehingga mampu merekam video 4K UHD pada 30 fps, 1080p pada 60 fps, dan 720p pada 240 fps yang semua itu juga didukung dengan fitur HDR. Dengan begitu, kalian yang suka membuat v-log bisa menjadikan SAMSUNG GALAXY S7 sebagai alternatif perekam video kalian karena lebih fleksibel dan kualitas videonya juga tidak kalah!

Kualitas videonya memang bagus, tapi berarti kita harus selalu membawa tripod, ya? Tunggu dulu! SAMSUNG GALAXY S7 ini juga memiliki fitur pendukung lainnya yaitu Optical Image Stabilization yang befungsi untuk membuat sensor kamera menjadi lebih fleksibel dan tepat ke arah objek meskipun tangan kita bergerak saat merekam atau pun mengambil gambar. Wah, keren nih! Kalau begini, lebih baik beli SAMSUNG GALAXY S7 saja yang mampu mengalahkan bahkan kamera digital :>

SAMSUNG GALAXY S7 ini juga menyediakan beragam mode foto yaitu motion panorama yang mampu mengambil gambar dalam bentuk panorama walaupun objeknya sedang bergerak, motion photo yang mampu mengambil tiga gambar dari momen sebelum kalian menekan tombol shutter, hyperlapse yang mampu menangkap gambar yang sedang bergerak dan juga didukung Optical Image Stabilization, spotlight yang mampu memperindah foto kalian dan ini dapat diaktifkan di Beauty Mode, selfie flash yang mampu memberikan pencahayan terbaik saat berselfie ria, dan wide selfie yang mampu mencakup sampai 120˚ sehingga tidak akan ada teman atau keluargamu yang ketinggalan saat selfie :)


Keunggulan lain dari SAMSUNG GALAXY S7 adalah bahwa The Next Galaxy ini menyediakan cara pengisian baterai tidak hanya dengan kabel dan charger seperti smartphone pada umumnya, tetapi juga ada cara pengisian baterai secara nirkabel atau wireless. Fitur Wireless Charging ini memungkinkan kita untuk mengisi baterai tanpa perlu repot dengan kabel dan caranya mudah sekali, yaitu cukup meletakkan smartphone kalian di wireless charger kalian. Wireless charger tersebut dapat didapatkan dari Samsung pula dan tidak termasuk bundling SAMSUNG GALAXY S7.
 
Sebelumnya saya juga sempat menyebutkan bahwa terdapat beberapa fitur yang hanya dimiliki seri S7 edge. Salah satunya adalah fitur edge UX. Edge UX adalah fitur tampilan ujung yang bisa kalian gunakan untuk membuat maksimal 10 shortcut aplikasi favorit kalian sehingga dapat mempercepat dan mempermudah kalian saat mengakses aplikasi kalian. Cara menggunakan fitur ini juga mudah, yaitu cukup menggeser layar ujung SAMSUNG GALAXY S7 ini, maka muncullah beberapa shortcut aplikasi yang juga bisa kalian atur.

Selain fitur edge UX, ada pula fitur lain yang hanya dimiliki seri S7 edge, yaitu fitur Quick Tools. Dengan fitur ini, smartphone kalian bisa menjadi alat serba guna seperti penggaris, kompas atau pun senter saat kalian membutuhkannya. Fitur ini juga terdapat di layar ujung SAMSUNG GALAXY S7 edge seperti fitur edge UX. Keren :>

Kita juga tidak perlu repot untuk memindahkan data dari smartphone lama kalian ke SAMSUNG GALAXY S7 karena adanya fitur Smart Switch dari Samsung. Dengan fitur ini, kita bisa memindahkan data dengan lebih mudah, yaitu dengan menggunakan kabel USB dan switch connector yang kita dapatkan dalam bundling SAMSUNG GALAXY S7. Kita bisa mendapatkan fitur ini dengan memasang aplikasi Smart Switch yang dapat diunduh di Google Play Store. Wah, dengan begitu, kita bisa menikmati data kita seperti musik dan lainnya dengan cepat di smartphone baru kita!

SAMSUNG GALAXY S7 juga dilengkapi dengan solusi keamanan yang siap menjaga dari
malware dan hacker, yaitu Samsung Knox. Fitur ini dapat berfungsi layaknya anti-virus dan juga dapat mengunci beberapa aplikasi kita sehingga aman dari serangan malware atau semacamnya. Fitur ini juga bisa kita dapatkan dengan gratis di Google Play Store dan hanya kompatibel dengan beberapa smartphone terutama seri Galaxy.

Selain itu, SAMSUNG GALAXY S7 juga menghadirkan fitur yang unik dan cocok untuk kalian yang suka bermain game di smartphone kalian, yaitu fitur Game Launcher dan Game Tools. Dengan fitur pendukung gaming tersebut, kalian bisa mengatur semua game kalian dengan mudah. Misalnya saja memperbarui game-nya, mengaktifkan mode hemat baterai saat bermain game, mengambil screenshot dalam game, merekam saat bermain game, dan lain-lainnya. Fitur ini cocok untuk kalian yang sekadar suka bermain game atau yang suka membuat v-log tentang bermain game :D

Samsung juga membawakan fitur yang sangat berguna terutama untuk berbisnis atau hanya berbelanja pada SAMSUNG GALAXY S7, yaitu fitur Samsung Pay. Dengan Samsung Pay, kita bisa menggantikan kartu kredit cukup dengan membawa smartphone kita. Untuk sementara fitur ini hanya berlaku di U.S. dan Korea dan masih bekerja sama dengan beberapa bank saja. Namun, kalau fitur ini sudah berlaku secara global, kita benar-benar bisa merasakan akses transaksi yang lebih cepat secara virtual dengan SAMSUNG GALAXY S7!

Selain didukung dengan fitur-fitur tambahan di atas, SAMSUNG GALAXY S7 juga memiliki kompatibilitas dengan Gear VR dan Gear 360 dari Samsung. Dengan kombinasi The Next Galaxy dan kedua teknologi tersebut, kita bisa merasakan pengalaman baru dalam berbagi memori dengan cara yang melampaui batas dari apa yang bisa sebuah smartphone lakukan! Dengan teknologi tersebut, kita bisa merekam tiap momen yang pernah kita alami menggunakan Gear 360, lalu keluarga atau teman kita dapat merasakan momen kita terasa lebih hidup dengan Gear VR :D

Di mana kita bisa mendapatkan SAMSUNG GALAXY S7 edge | S7?

 
Sumber : Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Resmi Masuk Indonesia

SAMSUNG GALAXY S7 baru resmi meluncur di Indonesia pada tanggal 1 Maret yang lalu di Ritz Carlton Hotel Jakarta. Sesi pre-order SAMSUNG GALAXY S7 di wilayah luar Indonesia sudah dibuka sejak berlangsungnya Samsung Galaxy Unpacked 2016, sedangkan sesi pre-order di Indonesia baru dibuka pada tanggal 26 Februari sampai tanggal 13 Maret yang lalu dan akan dibanderol dengan harga Rp 9 jutaan untuk seri S7 dan Rp 10,5 jutaan untuk seri S7 edge dengan pilihan warna hitam, putih, emas, dan perak

Untuk sesi pre-order di wilayah luar Indonesia Samsung akan memberikan Gear VR dengan gratis dalam bundling SAMSUNG GALAXY S7. Namun, apakah sesi pre-order di Indonesia juga akan begitu? Selain itu, di website Samsung Indonesia terdapat poster di bawah ini yang sepertinya menunjukkan bahwa bundling SAMSUNG GALAXY S7 di Indonesia akan mendapatkan Gear VR gratis juga.

 
Sumber : Samsung

Kalau saya bisa memiliki SAMSUNG GALAXY S7 yang memiliki spesifikasi tinggi di kalangan smartphone tahun 2016 ini, mungkin saya bisa ikut bermain game seperti Clash of Clans atau Clash Royale yang sedang ramai dimainkan teman-teman saya dan mungkin bisa mencoba salah satu mobile-game MOBA, yaitu Vain Glory karena ternyata game itu membutuhkan spesifikasi smartphone yang cukup tinggi untuk dapat dimainkan sehingga dengan kompatibilitas Android, prosesor gahar, dan RAM yang lebih besar yang dimiliki SAMSUNG GALAXY S7 saya bisa memainkannya dan mendapatkan pengalaman bermain game tanpa lag dengan penyajian grafis yang juga lebih bagus. Hehehe :>

Selain itu, saya juga ingin mencoba mengambil gambar di kondisi minim cahaya, tepatnya saat malam hari karena biasanya hampir kebanyakan smartphone menghasilkan kualitas gambar yang masih terdapat banyak noise atau kadang kurang cahaya walaupun pixel yang dimiliki kamera smartphone tersebut sudah tinggi. Jadi, saya bisa membuktikan langsung bahwa teknologi Dual Pixel dan lensa F1.7 yang diaplikasikan Samsung pada SAMSUNG GALAXY S7 ini memang alternatif yang lebih baik daripada sekadar menambahkan jumlah pixel pada kamera :)

Oh, iya, kalian juga bisa melihat iklan SAMSUNG GALAXY S7 yang menunjukkan pengaplikasian fitur-fiturnya dalam kehidupan sehari-hari :D


 

Keren, 'kan? Penasaran dengan performa SAMSUNG GALAXY S7 yang dapat menunjang aktivitasmu tiap hari? Penasaran dengan fitur-fiturnya yang mampu membantumu dalam menaklukkan segala tantangan yang sebelumnya kalian temui pada smartphone kalian? Apa kalian ingin melampaui batas yang biasanya smartphone miliki dengan SAMSUNG GALAXY S7? Dapatkan sendiri milikmu pada tanggal 25-26 Maret 2016 nanti di Jakarta atau Surabaya dan temukan apa yang bisa kalian lakukan dengan SAMSUNG GALAXY S7!  

Komentar