[Review] Mi Power Bank, Jalani Aktivitasmu Tanpa Khawatir Ponsel Mati

 

Siapa sih yang tidak kenal dengan Xiaomi, perusahaan ternama dari Cina yang juga ikut meramaikan pasar ponsel pintar Indonesia dengan menghadirkan ponsel pintar yang berkualitas, tetapi memiliki harga yang terjangkau? Produk-produknya juga terkenal dengan logonya yang unik dan khas berupa tulisan "MI" yang merupakan singkatan dari Mobile Internet yang menunjukkan fokus bidang yang digeluti perusahaan ini. Selain terkenal dengan ponsel pintarnya, Xiaomi juga dikenal dengan produk-produknya yang inovatif seperti Mi Band, sebuah gelang yang mampu bersinkronisasi dengan ponsel pintar Xiaomi kalian yang dapat mempermudah aktivitas kalian dengan menggunakan fitur-fitur ponsel melalui gelang ini seperti aplikasi Mi Fit yang berguna untuk memonitor pola kebugaran dan tidur kalian. Produk Xiaomi lainnya yang juga dapat mendukung aktivitas sehari-hari kalian dengan ponsel pintar kesayangan kalian adalah Mi Power Bank.
Melihat namanya, kalian pasti sudah bisa menebak bahwa Mi Power Bank adalah nama dari power bank Xiaomi. Xiaomi sendiri menghadirkan 3 power bank yang memiliki kapasitas yang berbeda, yaitu 5000 mAh, 10000 mAh dan 16000 mAh dan saya akan mengulas perbedaan dan keunggulan tiap Mi Power Bank ini.

Apa yang membedakan Mi Power Bank berkapasitas 5000 mAh, 10000 mAh dan 16000 mAh?

 
(Kiri-tengah-kanan) : Mi Power Bank 5000 mAh, 10000 mAh dan 16000 mAh.

Seperti yang bisa kalian lihat di atas, ternyata selain perbedaan kapasitas yang membedakan harganya, sel baterai yang digunakan juga mempengaruhi karena Mi Power Bank yang berkapasitas 5000 mAh menggunakan sel baterai Li-ion polymer dari ATL/Lishen, sedangkan yang berkapasitas 10000 mAh dan 16000 mAh menggunakan sel baterai Li-ion dari Panasonic/LG. Walaupun begitu, harga yang diberikan juga terjangkau dan layak untuk kualitasnya, yaitu seharga Rp 149.000 untuk kapasitas 5000 mAh, Rp 195.000 untuk kapasitas 10000 mAh dan Rp 325.000 untuk kapasitas 16000 mAh.

 
(kiri-tengah-kanan) : Mi Power Bank 5000 mAh, 10000 mAh dan 16000 mAh.

Selain sel baterai yang dipasok dari supplier ternama, di dalamnya Xiaomi juga menanamkan chipset mutakhir yang dapat meningkatkan efisiensi daya keluaran sehingga daya yang bisa digunakan dari Mi Power Bank bisa seoptimal mungkin. Dengan adanya penanaman chipset ini, daya optimal dari masing-masing Mi Power Bank, yaitu minimal 3300 mAh untuk kapasitas 5000 mAh, minimal 6250 mAh untuk kapasitas 10000 mAh dan minimal 10000 untuk kapasitas 16000 mAh.

 
(kiri-tengah-kanan) : Mi Power Bank 5000 mAh, 10000 mAh dan 16000 mAh.

Setelah penanaman chipset tersebut, Mi Power Bank diujikan di laboratorium pada beberapa ponsel pintar untuk melihat seberapa banyak pengisian daya yang dapat dilakukan tiap Mi Power Bank pada ponsel pintar tertentu dan beberapa hasil ujinya dapat kalian lihat di sini. Setelah saya lihat, saya pikir Mi Power Bank dengan kapasitas 10000 mAh merupakan power bank yang ideal karena hanya memiliki ukuran sebesar kartu nama, tetapi memiliki cukup banyak daya untuk mengisi baterai ponsel.


(kiri-kanan) : Mi Power Bank 5000 mAh dan 16000 mAh.

Namun, Mi Power Bank dengan kapasitas lainnya juga memiliki keunggulan sendiri. Bagi kalian yang mencari power bank yang mudah dibawa apalagi diletakkan di saku kemeja, kalian bisa memilih Mi Power Bank dengan kapasitas 5000 mAH karena daya yang dimiliki sudah cukup untuk dipakai sehari-hari dan ketebalannya hanya 9,9 mm, sedangkan bagi kalian yang membutuhkan power bank yang dapat mengisi daya dua gadget sekaligus, kalian bisa memilih Mi Power Bank dengan kapasitas 16000 mAh karena selain memiliki daya yang besar, power bank ini juga memiliki dua port usb sehingga kalian tidak perlu bergantian untuk mengisi baterai gadget kesayangan kalian.  

Apa saja fitur atau spesifikasi yang membedakan Mi Power Bank dengan power bank lain?

 

Xiaomi mendesain casing Mi Power Bank sedemikian rupa dari aluminium yang dibuat melalui proses pemotongan CNC digital sehingga menghasilkan casing yang elegan dan indah, tetapi juga kokoh. Hal itu dibuktikan melalui uji ketahanan yang menunjukkan Mi Power Bank dapat menahan tekanan maksimal 50 kg dan gesekan sebanyak 300 kali.
 
 

Mi Power Bank juga menjadi alternatif power bank yang terbaik karena dapat menyesuaikan tingkat output daya yang akan dialirkan berdasarkan device yang tersambung dengannya mulai dari ponsel pintar sampai kamera digital maupun konsol gaming portable.


Hal lain yang membuat Mi Power Bank spesial adalah adanya 9 fitur yang dimilikinya yang tentunya dapat memberikan kenyamanan dalam menggunakannya dan keamanan terhadap gadget kalian sehingga kalian tidak perlu khawatir lagi power bank mudah rusak atau power bank akan merusak baterai gadget kalian.

Namun, berhati-hatilah juga karena ternyata banyak juga orang-orang di Indonesia yang menjual Mi Power Bank palsu karena power bank ini juga memang terkenal akan kualitasnya yang bagus dan harganya yang terjangkau sehingga tidak sedikit orang-orang nakal yang mengambil celah ini untuk mencari untung dengan menjual tiruannya.

Bagi kalian yang berminat untuk membeli Mi Power Bank yang terjamin asli, kalian bisa mengunjungi situs ini dan harga yang diberikan juga sama seperti yang saya cantumkan di ulasan saya tadi.

Sumber :
MI
Power Bank Xiaomi 

Komentar