[Cerita] Akhirnya Jadi Mahasiswa Baru!

Buku catatan kegiatan perkuliahan sehari-hari

Wah, akhirnya ada mood buat bisa nulis juga.Sebenarnya sih sudah punya rencana buat nulis catatan harian dari awal masuk kuliah di blog ini, tapi belum bisa terlaksana dan sekarang sudah seminggu sejak pertama kali kuliah.

Nah, kalian bisa lihat foto di atas, 'kan? Itu buku yang aku pakai buat nulis apa-apa saja yang telah aku lakukan terutama kegiatan perkuliahan dan sekarang aku mau cerita tentang perkuliahanku selama seminggu pertama yang lalu dan seterusnya di blog ini. Karena mungkin aku hanya akan menulisnya seminggu sekali berarti ini akan menjadi catatan mingguanku, bukan catatan harian. *ba dum tss

Pertama kali kuliah cuy!

Akhirnya hari pertama kuliahku bakal dimulai setelah mengikuti Dinamika (ospek di PKN STAN) dan Capacity Building yang merupakan kewajiban mahasiswa baru PKN STAN. Eh, tapi ternyata hari ini masih ada acara lainnya, yaitu pengukuhan mahasiswa baru PKN STAN 2016. Jadi, itu semacam peresmian kalau kami sudah menjadi mahasiswa baru PKN STAN gitu dan karena itu, kegiatan perkuliahan baru bisa dimulai setelah pengukuhan ini selesai. Kebetulan jadwal kuliahku hari ini cuma satu mata kuliah selama 3 SKS dan mata kuliah Aplikasi Komputer pula, buat aku sih apa-apa aja yang berbau komputer bisa menyenangkan.

Setelah pengukuhan, aku mulai mencari teman-teman sekelasku yang sebelumnya sudah janjian buat ketemuan di dekat SC tiben (mahasiswa PKN STAN pasti tau). Namun, saat berkumpul ternyata dosen mata kuliahku hari ini sudah menghubungi salah satu temenku dan menginformasikan kalau beliau belum bisa mengajar hari ini karena ada rapat dosen mendadak. Jujur saja, kami senang karena masih bisa bersantai dulu hari ini dan akhirnya kami berkumpul untuk memperkenalkan diri masing-masing, lalu pulang deh.

Besoknya aku punya jadwal dua mata kuliah yang masing-masing selama 3 SKS tanpa ada jeda waktu (istirahat). Mata kuliah yang pertama adalah Pengantar Akuntansi I dan bisa disebut juga mata kuliah utama dan dasar jurusan akuntansi di PKN STAN ini. Jadi, kalau dari awal kalian sudah kesulitan, nantinya juga malah akan semakin sulit sehingga sangat diperlukan buat menguasai betul-betul mata kuliah ini. Untungnya saat aku masih di SMP, aku sudah pernah belajar akuntansi selama dua tahun sehingga buat aku sih awal-awal pembelajaran mata kuliah ini masih merupakan ulasan ulang sekaligus mengingatkanku tentang materi akuntansi yang telah kupelajari.

Dalam mata kuliah Pengantar Akuntansi I ini, aku harus punya buku karangan Kieso sebagai buku referensi belajarku nantinya kata dosen dan masalahnya aku belum punya dan belum bisa meminjam buku di perpustakaan karena KTM-ku baru akan jadi sebulan lagi.

Kemudian, aku pindah kelas untuk mata kuliah selanjutnya, yaitu Bahasa Indonesia. Untuk pertemuan pertama ini dosen hanya menginformasikan buku referensi yang kami perlukan untuk belajar nantinya dan mengajak berdiskusi mengenai bahasa Indonesia yang baik dan benar itu seperti apa. Namun, ternyata hari ini dosennya gak bisa mengajar penuh sesuai jadwal sehingga sisa waktu yang belum terpakai hari ini akan ditambahkan di pertemuan minggu depan yang berarti hari ini aku bisa pulang lebih cepat, tapi minggu depan bakal pulang lebih lama.

Masih santai, tapi nantinya ...

Hari ketiga juga menjadi salah satu jadwal tersantaiku karena cuma ada satu mata kuliah di siang hari, yaitu Lab. Pengantar Akuntansi I. Sebenarnya aku juga belum begitu tau seperti apa mata kuliah ini, tapi katanya mata kuliah yang ada "lab." itu berarti khusus latihan-latihan soal atau semacamnya gitu. Eh iya, tapi paginya ada apel pagi wajib bagi seluruh mahasiswa akuntansi yang ternyata membahas tentang pemilihan ketua angkatan yang akan datanng.

Oh iya, selain apel, sebelum kuliah aku juga ada acara lain, yaitu berkumpul dengan kelompok ospekku buat ngobrol santai gitu dan kalau mau tanya-tanya juga bisa karena ada kakak-kakak yang sebelumnya menjadi asistensi kelompokku.

Akhirnya jam sudah menunjukkan pukul 14.00 WIB, siang banget deh buat kuliah dan rasanya males mau jalan ke kampus. Untungnya sih hari ini masih santai aja dan perkenalan diri seperti biasanya karena kami juga belum punya buku karangan Kieso yang jadi referensi itu.

Besoknya hari kamis adalah hari paling padat dari semua jadwal kuliahku karena bakal ada tiga mata kuliah mulai pagi, siang sampai sore cuy! Mata kuliah pertama adalah Pengantar Ilmu Hukum. Aku sendiri sih belum punya gambaran tentang mata kuliah ini dan saat dikasih materi sedikit masih sekadar aku baca dan tulis aja sih. Selain itu, gak tau kenapa waktu mata kuliah ini rasanya ngantuk berat padahal juga gak terlalu membosankan sih, cuma banyak tulisan aja emang.

Selanjutnya, ada istirahat sebelum mata kuliah kedua selama satu jam dan aku mutusin buat pulang aja dulu baru nanti balik biar gak tergoda juga buat jajan sih. Mata kuliah kedua pun bakal dimulai dan aku buru-buru balik lagi ke gedung D. Mata kuliah kedua hari ini adalah Pengantar Ilmu Ekonomi. Pendapatku sih masih sama kayak PIH, masih belum tau gambarannya dan sekadar baca dan tulis yang dikasih dosen.

Setelah PIE, waktunya istirahat kedua, tapi cuma 30 menit. Jadi, aku cuma sempat sholat aja sih, tapi walaupun istirahat lama juga mungkin aku cuma pulang lagi. Mata kuliah terakhir hari ini adalah Statistika. Siapa coba yang gak tau mata kuliah ini? Setidaknya ini sudah gak asing buat aku yang waktu SMA ada di kelas IPA, tapi tetep aja sulit apalagi di awal pertemuan ini rasanya materi yang dikasih masih berantakan dan umum walaupun ada sih beberapa yang sudah paham. 

Dari total tiga mata kuliah hari ini, aku juga harus nambahin daftar buku-buku referensi yang harus aku punya dan aku jadi tambah bingung lagi mau beli atau pinjem di mana coba.

Technologyyy!

Akhirnya sampai juga di hari terakhir kuliah. Ya, jadwal kuliahku cuma dari hari Senin sampai Jumat apalagi hari ini cuma ada mata kuliah Bahasa Inggris. Mata kuliah cuma satu apalagi itu kesukaanku pula. Seperti mata kuliah lainnya, di awal pertemuan kami diminta buat perkenalan diri masing-masing. Lalu, dosen memberi materi sedikit dan menginformasikan buku-buku yang harus kami punya. Selain itu, kali ini akhirnya aku dapat tugas pertamaku sebagai mahasiswa walaupun sebenarnya lebih enak gak ada tugas sih. 

Oh iya, ternyata mata kuliah Aplikasi Komputer yang pada hari Senin dosennya gak bisa digantikan hari ini buat sementara tepatnya jam 2 siang cuy! Sebenarnya agak males sih balik lagi ke kampus setelah sholat Jumat, tapi mau gimana lagi, begitulah kuliah di PKN STAN. Kalau ada jam kosong, pasti harus digantikan di waktu lainnya.

Untuk pembelajaran awal di mata kuliah ini, kami belajar menggunakan Microsoft Word dan Excel dulu dan aku dibuat tercengang dengan materi kali ini. Benar-benar praktis! Aku baru tau kalau kita bisa menggunakan Microsoft Word dan Excel seperti ini. Jadi, kalian diminta membuat format surat gitu, terus kalian buat beberapa datanya di Excel seperti nama penerima, nomor surat, dll. Lalu, kita kombinasikan dengan fitur Mailings yang ada di Word sehingga kita bisa cetak surat yang sama dengan format nama penerima yang langsung sudah ada datanya dari Excel tadi. Pokoknya keren deh sampai aku gak bisa jelasin!

Chronicle 2016 & Elkamfest 2016

Akhir pekan! Sayangnya sih akhir pekan ini sudah ada dua acara yang menunggu, yaitu Chronicle dan Elkamfest. 

Hari Sabtu aku pergi ke gedung G, tempat Chronicle, berpakaian batik. Sampai di sana ternyata aku juga dapet buku gratis tentang cerita-cerita 12 jawara usaha kecil sampai mereka sukses. Enak deh, sudah bisa ikut seminar nasional gratis, dapat buku gratis pula. Seminarnya lama banget sampai aku juga ngantuk deh. Aku kurang begitu bisa dengerin sih apa aja materi yang disampaikan soalnya aku duduk di tribun dan yang bisa duduk di bawah dekat panggung SC hanya anak-anak Bea Cukai. Wajar sih karena ini memang acaranya KMBC (himpunan mahasiswa bea cukai di PKN STAN) dan salah satu pembicaranya aja adalah Direktur Jenderal Bea dan Cukai, Bapak Heru Pambudi. Tapi, ada satu hal yang aku suka dari materi yang disampaikan (atau mungkin hanya satu hal ini yang aku dengerin sih), yaitu strategi tanam dan panen secara terus menerus. Ibarat apel, kalau kita terus memetiknya saja, lama kelamaan akan habis dan gak bakal ada yang bisa dipetik lagi. Oleh karena itu, selain memetik atau memanennya, kita juga harus menanam yang baru lagi sehingga siklus ini bisa terus menerus berjalan.

Nah, hari Minggu adalah waktunya Elkamfest 2016 yang lebih aku tunggu-tunggu. Jadi, Elkamfest itu semacam demo atau pengenalan elemen-elemen yang ada di kampus mulai dari organisasinya sampai UKM yang ada di PKN STAN. Benar-benar menarik deh! Selain itu, aku juga dapat stiker dan ganci gratis pula karena termasuk 500 pendatang pertama. Sebenarnya aku sudah janjian dengan temen-temen kelompok ospekku, tapi masih ada yang belum datang dan sebagainya sehingga aku berkeliling sendiri dengan temen sekelasku. Organisasinya banyak banget dan menarik buat diikuti, tapi ya sulit juga dan belum kebayang gimana efeknya ke kegiatan perkuliahannya nanti. Kalau aku sih berminat ikut BEM, BLM, HIMAS atau BAK sih, pokoknya antara semua itu. BEM itu semacam OSIS di SMA, BLM itu kayak MPK di SMA, HIMAS itu organisasinya mahasiswa jurusan akuntansi di PKN STAN dan BAK itu yang unik, yaitu organisasi yang bertugas mengaudit laporan keuangan tiap organisasi yang ada di PKN STAN, semacam detektifnya gitu kalau menurutku.

Selain organisasi kan ada juga UKM mulai dari bela diri yang banyak macamnya sampai olahraga yang banyak macamnya pula. Kalau buat aku sih UKM yang menarik buat diikuti di PKN STAN itu SEEC dan PKAKP. SEEC itu semacam UKM tempat kalian bisa belajar wirausaha dan jenisnya macam-macam bahkan sampai ada kakak tingkat yang sudah usaha ekspor-ekspor gitu, keren, 'kan? Kalau PKAKP itu semacam ekstrakurikulernya olimpiade di SMA, tapi lebih mengkhususkan tentang akuntansi dan keuangan publik. 

Di catatan mingguanku ini aku nulisnya lebih santai aja ya. Jadi, emang kayak catatan harian, tapi aku bagikan juga ceritaku ini sama kalian karena tiap orang punya cerita yang unik dan hanya mereka sendiri yang memilikinya (sok bijak).

Komentar