[Review] Youthmanual, Langkah Awal untuk Mengejar Mimpimu!


Saya Indonesia, Saya Pancasila! Itulah slogan yang sedang ramai diseru-serukan masyarakat Indonesia belakangan ini dalam rangka menyemangatkan kembali masyarakat Indonesia dalam menjunjung sekaligus mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebagai pemuda, tentunya misi utama kita bukanlah kerja, kerja, dan kerja seperti kata Pak Jokowi, melainkan belajar, belajar, dan belajar karena kitalah bibit-bibit yang akan menjadi penerus bangsa ini. Dengan belajar, kita mampu mendapatkan ilmu yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik bagi diri sendiri maupun bagi lingkungan dan masyarakat kita.

Namun, sekadar belajar saja belum bisa disebut sebagai pilihan yang tepat. Kita semua memiliki hak untuk memilih apa yang kita minati untuk dipelajari, tetapi juga perlu mengenali potensi dan bakat yang dimiliki masing-masing agar kita bisa memaksimalkan hasil berdasarkan sumber daya yang dimiliki. Begitulah yang saya pelajari dalam manajemen, yaitu menempatkan seseorang dalam posisi yang tepat.

Dalam menanggapi hal ini, biasanya kita terutama siswa SMA yang akan melanjutkan kuliah atau pun mahasiswa yang baru masuk mendiskusikannya dengan orang tua atau pun guru kita. Tidak jarang ada masalah yang timbul dari hal ini seperti mahasiswa baru yang ternyata jurusannya dipilihkan oleh orang tuanya sehingga mungkin dia merasa tidak cocok dan tidak bisa maksimal di perkuliahan dan ada pula lulusan SMA yang mungkin disuruh untuk membantu kerja orang tua saja karena melihat kondisi saat ini, orang tua akan berpikir bahwa bahkan lulusan sarjana juga masih banyak yang menganggur.


Alih-alih membantu, hal itu biasanya justru semakin membingungkan kita dalam menentukan pilihan dan nantinya potensi yang kita miliki akan sia-sia. Terlebih lagi, nantinya ada pula  faktor-faktor dari luar yang mempengaruhi putusan kita tersebut seperti biaya pendidikan yang mungkin di luar kemampuan. Kemudian, karena orang tua juga kurang tahu harus berbuat apa dalam menghadapi masalah ini, biasanya mereka akan menyarankan kita untuk mengikuti tes kepribadian diri melalui tes sidik jari untuk mengetahui seperti apa kepribadian kita itu sehingga dapat mempermudah kita dalam menentukan pilihan yang sesuai dengan diri sendiri. Namun, apa kalian tahu berapa biaya yang diperlukan untuk mengikuti tes seperti itu? Mahal banget!



Namun, kita tidak perlu khawatir lagi! Sekarang aku mau memperkenalkan sebuah platform online yang mampu membantu kita untuk mengenali potensi diri, mempersiapkan kuliah, dan bahkan merancang rencana untuk karir kita di masa yang akan datang. Platform tersebut adalah Youthmanual. Kalian mungkin mulai bertanya-tanya memangnya apa yang Youthmanual bisa berikan dalam membantu kita menghadapi masalah ini.


Gila, kurang apa lagi coba tuh? Kalian bisa mengakses semua itu hanya dari satu platform online pula sehingga ini merupakan alternatif terbaik bagi kita. Mengapa bisa begitu? Youthmanual memiliki banyak fitur yang siap membantumu dalam merencanakan masa depanmu di mana pun, kapan pun, dan bahkan saat kamu sibuk pun karena bantuan dari Youthmanual dapat didapatkan dan diakses dari gadget apa pun di zaman serba teknologi ini.

Jangan terlalu banyak berpikir lagi, tetapi mulailah membuat langkah untuk mengejar mimpimu dan kamu bisa memulainya bersama Youthmanual! Yang perlu kamu lakukan pertama adalah mendaftar di Youthmanual. Setelah itu, kamu akan menerima email konfirmasi atas pendaftaran akunmu, lalu tinggal masuk ke akun Youthmanual kamu.


Saat pertama kali memasuki akun Youthmanual, kamu akan menemui halaman seperti di atas. Di sini kamu akan dituntun untuk mengikuti perjalananmu dalam mengenali dirimu lebih dalam melalui fitur-fitur Youthmanual, yaitu Pengenalan Diri, Modul Kepribadian, Modul Minat, Modul Kemampuan, Personal Values, Eksplorasi Jurusan, Eksplorasi Kampus, dan Eksplorasi Profesi. Oh iya, ada juga fitur tambahan lo, yaitu Gaya Belajar. Di map tersebut, fitur ini bisa dinikmati dengan mengklik icon kotak harta karun, tetapi tentunya kamu harus menyelesaikan perjalananmu yang sebelumnya dulu, jadi ini seperti bonus stage di game biasanya begitu.

Sebenarnya Youthmanual masih memiliki banyak fitur yang belum terbuka seperti Keterampilan 21st Century dan Tanya Youthmanual karena masih dalam tahap pengembangan. Untuk mendukung pengembangan Youthmanual, partisipasi kamu juga dibutuhkan karena dengan begitu, Youthmanual juga akan memiliki data-data yang lebih banyak yang dapat digunakan untuk membantu sesama pelajar yang menghadapi masalah sepertimu.


Nah, ini adalah tampilan profil kampusku dari database Youthmanual. Di profil kampus ini juga terdapat pertanyaan-pertanyaan seputar kampus ini yang mungkin bisa membantu calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah di sini. Bersama Youthmanual, kamu terutama yang sudah berstatus mahasiswa bisa membantu calon adik-adik kelasmu yang ingin mencari informasi mengenai kampusmu juga.


Selain itu, kamu juga bisa berkontribusi dengan membuat artikel yang mungkin bisa menginspirasi atau memberikan informasi baru mengenai kehidupan perkuliahan, informasi seputar ujian penerimaan masuk perguruan tinggi, dan informasi lainnya yang mungkin bisa bermanfaat bagi pelajar lainnya. Jadi, selain bisa memanfaatkan fitur Youthmanual dalam mengejar mimpimu, kamu juga bisa ikut membantu orang lain untuk mengejar mimpi mereka!



Oh iya, fitur-fitur yang sudah aku coba tadi adalah fitur-fitur dari Youthmanual Premiumlo! Memangnya apa perbedaannya dengan akun Youthmanual biasa? Tentu saja berbeda! Dengan akun Youthmanual Premium, kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang lebih banyak daripada akun Youthmanual biasa. Wah, namanya pakai embel-embel "premium" begitu, pasti mahal, ya? Eh, kata siapa? Youthmanual Premium ini bisa kamu dapatkan dengan membeli Paket Explorer dengan hanya membayar seharga Rp 79.000 saja! Sudah murah, fitur lengkap, dan juga bisa ikut membantu orang lain, masih kurang apa?


Aku juga sudah coba pakai Youthmanual Premium Paket Explorer lo dan hasilnya benar-benar sesuai banget dengan diriku. Bahkan hasilnya juga sama seperti hasil tes sidik jari yang dulu pernah aku ikuti. Modul Kepribadian dari Youthmanual benar-benar mencakup banyak aspek seperti deskripsi kepribadianmu, kelebihan dan kelemahanmu, pilihan karir untukmu, dan bahkan ada beberapa fakta menarik mengenai kepribadianmu, lo.

Setelah tes kepribadian, aku meneruskan perjalananku dengan mengisi Modul Minat. Hasilnya pun sesuai dengan yang benar-benar aku pikirkan, tetapi di sini Youthmanual menginformasikan lebih rinci minatku ada di bidang apa saja sehingga aku bisa menyesuaikan kembali minat mana yang bisa aku capai dengan kemampuanku.

Dengan semakin penasaran dan asiknya metode pengenalan diri dari Youthmanual ini, aku melanjutkan perjalananku di Modul Kemampuan. Youthmanual mengelompokkan kemampuan kita menjadi beberapa aspek seperti kemampuan mengambil kesimpulan, kemampuan logika matematika, dan kemampuan memahami bacaan. Selain memberitahukan kemampuan kita, kita juga diberi tips dan saran untuk meningkatkan kemampuanmu itu.

Selain itu, Youthmanual juga memiliki fitur yang bisa menunjukkan tiga nilai dominan dalam dirimu, yaitu Personal Values. Tiga nilai dominan dalam dirku sendiri intinya adalah aku orang yang teratur, suka kebebasan, dan berani menantang risiko. Dengan kamu tahu tentang nilai dominan dalam dirimu, kamu bisa menekankan pada lingkungan dan orang-orang di sekitarmu bahwa kamu itu orang seperti ini. Misalnya saja aku setuju bahwa aku suka kebebasan sehingga aku kurang suka diatur-atur oleh orang lain seperti saat mengerjakan tugas berkelompok.


Setelah kamu menyelesaikan perjalanan pengenalan diri dan potensimu, Youthmanual akan menyimpan data itu dan kamu bisa mengeksplorasi jurusan dan karir yang sudah Youthmanual cocokkan dengan data yang kamu berikan sehingga kamu lebih termudahkan dan terarahkan dalam mengembangkan potensi yang tepat bagimu. Namun, mungkin ada dari kalian yang berpikir, 


Humpft, justru hal itu akan memberikan dampak yang terbalik. Bagaimana bisa? Seperti yang kita tahu, manusia itu diciptakan berbeda-beda sehingga baik kepribadian maupun potensi tiap orang juga berbeda-beda. Misalnya ada orang yang jago seni dan memiliki kakak kelas yang jago olahraga. Karena si jago seni tersebut tidak tahu cara mengembangkan potensinya, dia mencoba meniru kakak kelasnya yang justru melatih dirinya dengan latihan fisik. Lalu, apakah si jago seni tersebut mampu mengembangkan potensinya? Tentu saja tidak karena perlakuan yang dibutuhkan sangat berbeda. Itu saja baru perbedaan dari segi minat dan belum melihat kepribadian tiap orangnya. Jadi, bimbingan dalam mengelola potensi yang kita miliki itu sangat penting dan untuk melakukannya kita bisa memulainya dengan mengenali potensi diri kita lebih dalam bersama Youthmanual.

Kamu sudah membuat satu langkah dalam mengejar mimpimu. 
Sekarang kita butuh amunisi yang tepat untuk memastikan kita dapat terus melangkah maju.

Setelah aku menjalani perjalananku di Youthmanual, hasilnya menunjukkan bahwa aku orang yang introvert dan teratur dan aku merasa itu memang pas banget dengan yang selama ini aku pikirkan tentang diriku. Walaupun aku cenderung tertutup dan terlalu kaku karena kedua sifat tersebut, itu juga menunjukkan bahwa aku orang yang serius atau tekun dalam mengerjakan sesuatu. 

Modul kepribadianku di Youthmanual juga menunjukkan kelemahan-kelemahanku, tetapi Youthmanual juga memberi arahan seperti cara aku bisa mengoptimalkan kemampuanku dengan mengalokasikannya ke aktivitas yang tepat dengan kepribadianku agar potensiku dapat dikembangkan. Kemampuan menulis dan membacaku lebih menonjol daripada kemampuan mendengar dan berbicaraku sehingga media pembelajaran yang berwujud fisik lebih cocok bagiku daripada yang tidak ada wujud fisiknya seperti percakapan. Dengan berkembangnya zaman pula, teknologi mulai merambah ke berbagai aspek kehidupan termasuk pendidikan dan itu memiliki dampak yang positif juga.


Sebagai mahasiswa baru yang telah menjalani kehidupan perkuliahan selama satu semester lebih beberapa bulan, media pembelajaranku yang paling sering digunakan adalah laptop. Hampir sebagian besar waktuku aku habiskan dengan laptopku mulai dari mengerjakan tugas, 'berselancar' di internet, dan menikmati hiburan-hiburan lainnya sebagai penghilang penat setelah kuliah. Tentunya untuk membuat aktivitasku menjadi lebih produktif dan efisien, aku memerlukan amunisi yang tepat dan bagiku fleksibilitas adalah hal yang penting di sini sehingga pilihanku jatuh pada Acer Swith 1, salah satu produk besutan Acer yang multifungsi.


Acer Switch 1 sendiri memiliki keunikan yang juga merupakan keunggulannya dibandingkan dengan produk serupa dari merk lainnya, yaitu bisa berubah mode sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Acer Switch 1 juga memiliki spesifikasi yang cukup tinggi. Jadi, ini merupakan kombinasi antara fleksibilitas dan kekuatan yang pas mantap untuk aktivitasku seperti menulis, desain grafis, mempresentasikan tugas, dan bahkan bermain game!


Jadi, jangan menunda-nunda lagi karena Youthmanual Premium Paket Explorer ini akan diluncurkan secara resmi dari Youthmanual sebentar lagi! Dengan fitur yang lebih lengkap, tentunya kamu akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap untuk merencanakan hal-hal yang kamu perlukan untuk mengejar mimpimu.

Tulisan ini diikutkan dalam [Acer x Youthmanual Blog Competition].

(Sumber gambar: Freepik, Youthmanual, Gadgetren, Topsy.one, Photoshop)

Komentar